Strategi
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan
pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah
aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
Di dalam strategi yang
baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema,
mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip
pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki
taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang
lingkup yang lebih sempit dan waktu yang
lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua
kata tersebut.
Contoh berikut
menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan
kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan".
Etimologi
Kata
"strategi" adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, stratēgos.
Adapun stratēgos dapat diterjemahkan sebagai 'komandan militer' pada zaman
demokrasi Athena.
Strategi Bisnis
Mestrategi bisnis
melibatkan pengambilan keputusan pada tingkat unit bisnis. Di dalam strategi
tingkat ini yang ditujukan adalah bagaimana cara bersaingnya. Pendekatan yang
berguna di dalam merumuskan strategi bisnis sebainya didasarkan atas analisis
persaingan yang dicetuskan oleh Michael Porter:
Baris terlekuk
«» Lima Kekuatan
Kompetitif Porter «»
Pendekatan Porter
didasarkan atas analisis 5 kekuatan persaingan. Tekanan persaingan mencakup:
1. Ancaman Pendatang Baru, perusahaan yang memasuki industri yang membawa
kapasitas baru dan ingin memperoleh pangsa pasar yang baik dan laba, akan
tetapi semua itu sangat tergantung kepada rintangan atau kendala yang
mengitarinya.
2. Daya Tawar Menawar Pemasok, pemasok dapat juga menjadi ancaman dalam suatu
industri sebab pemasok dapat menaikkan harga produk yang dijual atau mengurangi
kualitas produk. Jika harga produk pemasok naik maka harga pokok perusahaan
juga naik sehingga akan menaikkan harga jual produk. Jika harga jual produk
naik maka sesuai dengan hukum permintaan, permintaan produk akan menurun.
Begitu pula jika pemasok menurunkan kualitas produk, maka kualitas produk
penghasil juga akan turun, sehingga akan mengurangi kepuasan konsumen.
3. Daya Tawar Menawar Pembeli, pembeli akan selalu berusaha mendapat produk
dengan kualitas baik dan dengan harga yang murah. Sikap pembeli semacam ini
berlaku universal dan memainkan peran yang cukup menentukan bagi perusahaan.
Jika suatu produk dinilai harganya jauh lebih tinggi dari kualitas (harganya
tidak mencerminkan yang sepantasnya) maka pembeli (konsumen) tidak akan membeli
produk perusahaan.
4. Daya Tawar Produk Pengganti, produk pengganti secara fungsional mempunyai
manfaat yang serupa dengan produk utama (asli), namun memiliki kualitas produk
dan harga yang lebih rendah. Umumnya, produk pengganti disenangi oleh orang
yang berpenghasilan rendah akan tetapi ingin tampil dengan status lebih tinggi
dari keadaan sebenarnya.
5. Persaingan Antar Pesaing, persaingan konvensional selalu berusaha sekeras
mungkin untuk merebut pangsa pasar perusahaan lain. Konsumen merupakan objek
persaingan dari perusahaan yang sejenis yang bermain di pasar. Siapa yang dapat
memikat hati konsumen maka perusahaan akan dapat memenangkan persaingan. Untuk
dapat memikat konsumen maka berbagai cara dilakukan mulai dari memberikan
fasilitas khusus, pemberian kredit dengan syarat ringan, harga murah atau
diskon.
DEFINISI STRATEGI
OPERASI
· Adalah
Suatu strategi fungsional yang harus berpedoman pada strategi bisnis agar dapat
menghasilkan suatu pola yg konsisten dalam keputusankeputusan operasi.
· Terdiri
dari 4 komponen yaitu misi (mission), tujuan (objectives),
kemampuan khusus (distinctive competence) & kebijakan (policy).
·
Model
strategi operasi.
FAKTOR-FAKTOR YANG
MENDORONG PERLUNYA STRATEGI OPERASI
-Dorongan oleh keinginan untuk menekan biaya (efisiensi) & meningkatkan
kualitas produk.
-Melemahnya bargaining position dalam menghadapi
suplier bahan baku, suku cadang/komponen.
-Saingan semakin kuat dalam pemasaran produk yg sama.
-Ketiadaan/kelangkaan tenaga profesional untuk bidang
keahlian tertentu dalam menciptakan kemampuan khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar